Menuju Indonesia Berkah ~ Bersama Ka'bah

Daerah

Jabodetabek Masih Akan Diguyur Hujan

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.  
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali merilis peringatan dini untuk Jabodetabek. Diperkirakan hujan berintensitas sedang hingga lebat akan terjadi pagi, sore dan malam hari ini.

"Masih terjadi peningkatan aktivitas pembentukan awan hujan di wilayah Jabodetabek yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada pukul 05.00 WIB," demikian disampaikan BMKG di akun twitter resmi @infoBMKG, Minggu (2/2/2014) pagi.

Di antara wilayah yang diguyur hujan hujan berintensitas sedang hingga lebat adalah Ciputat, Tangerang, Serpong, BSD, Bintaro, Kebayoran, Lebak bulus, Pondok Aren, Pondok Cabe, Pasar baru, Grogol, Kuningan, Casablanka, Setiabudi, Jagakarsa, Ragunan, Sawangan, Cimanggis, Bojong, Depok, Bogor, Jatiasih, Bantar Gebang, dan Bekasi. 

"Kondisi ini (potensi hujan sedang hingga lebat) diperkirakan masih berlangsung hingga pukul 08.00 WIB," jelasnya.

Lalu pada pukul 08.00 WIB, hujan akan meluas ke sejumlah wilayah lainnya. Yaitu wilayah Klender, Duren sawit, Kalimalang, Cawang, Cililitan, Ps Minggu, Pancoran, Kalibata, Ps Rebo, Kramatjati, Cinere, Cilandak, Cengkareng, Jelambar, Krukut, Kota, Glodok, Harmoni, Palmerah, Senayan, Blok M, Kemang, dan sekitarnya.

Sedangkan sore harinya, hujan ringan akan turun di sejumlah wilayah mulai dari Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Hujan sedang akan turun di Bekasi, Tangerang, Depok, Bogor, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur.

Pada malamnya diperkirakan hujan sedang akan turun di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Bekasi. Hujan ringan akan turun di Bogor, Tangerang, Depok, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat.

Siswa SD Tenggelam di Linggan Bata

Kendal, SUARA PEMBANGUNAN.
Nasib tragis menimpa Yosi Septian Ardian Bin Darmadi (10). Murid SD Botomulyo Warga Jalan Cempaka Perumahan Cepiring Kendal yang sedang asyik mencari ikan di sekitar Linggan atau tempat pembuatan Batu Bata di samping SMK Bhakti Persada yang terletak di Jalan Sriagung KM 1,5 Botomulyo Cepiring.

Menurut penuturan Hari (38) warga yang tinggal di sekitar lokasi , saksi mata kejadian itu, dirinya sering memperingatkan sejumlah anak kecil yang saat hujan deras malah nekat mencebur ke lokasi Linggan yang penuh air, namun peringatan itu tak diindahkan.
“Mungkin karena asyik mencari ikan, anak anak itu tidak tahu jika kontur tanah di linggan itu semakin ke kiri semakin dalam dan curam namun tak terlihat karena genangan air. Saya tak melihat persis saat tenggelam karena saya didalam rumah, tau-tau ketika saya menengok keluar satu anak sudah tenggelam yang dua lainnya menangis di pinggiran kolam, sudah ada sejumlah warga yang menolong dan korban di bawa Bripka Supriyanto ke Puskesmas” tuturnya.

Kapolsek Cepiring AKP Asri Hermawan mengatakan berdasarkan keterangan dari pihak Puskesmas korban meninggal akibat banyak cairan yang masuk ke rongga pernafasan dan masuk memenuhi paru paru dan menutup jalan nafas, dia menambahkan saat musim hujan seperti ini dirinya dan anggota memang selalu memprioritaskan pemantauan terhadap debit air sungai dan hal alin yang berkaitan dengan keselamatan warga.

“Kami himbau kepada seluruh warga agar mengawasi anak anaknya agar tidak bermain di daerah rawan bahaya seperti pinggir sungai dan tempat seperti linggan dan sawah, karena potensi tenggelam dan tersambar petir tetap ada jika kita lengah” papar Kapolsek.
Saat ditemui di Puskesmas Cepiring, nampak orang tua korban sangat terpukul, mereka tak menyangka anaknya tenggelam di Linggan.

*sumber : liputan6.com

Shalat Jumat Mau Dibubarkan Paksa

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.
Pelaksanaan ibadah shalat Jumat di Masjid Nur Al Anur, Jalan Pegangsaan Tiga, Menteng, Jakarta Pusat, mendadak tegang. Puluhan orang mendatangi masjid dan berusaha membubarkan paksa jamaah agar tidak shalat Jumat di masjid itu.

Warga menilai, jamaah di masjid itu sesat. Selain itu, perubahan musala menjadi masjid, juga jadi alasan warga membubarkan paksa jamaah yang tengah menjalankan ibadah salat Jumat. Mereka khawatir masjid itu dijadikan sarang teroris.
"Lima tahun lalu jamaahnya kebanyakan dari luar. Karena warga takut jadi sarang teroris maka dibubarin paksa," kata Rohmat.
Kata Rahmat, warga juga takut aktivitas para jamaah masjid itu akan mempengaruhi warga sekitar. 
Tak ingin keributan terjadi, apartai kepolisian dari Polsek Menteng langsung mengamankan lokasi.
Sementara jamaah masjid membantah dikatakan sesat. Kata Rokaya, jamaah di masjid Nur Al Anur bukan seperti yang diisukan para warga sekitar. "Ibadah kami sesuai dengan Alquran dan Hadits," tegasnya.
Meski sempat akan dibubarkan paksa, namun pelaksanaan ibadah Shalat Jumat tetap berjalan hingga selesai dengan pengawalan polisi.
Gesekan antar warga Pegangsaan Tiga ini bermula saat musala Nur Al Anur yang berdiri sejak lima tahun lalu berubah menjadi masjid. Perubahan ini dilakukan agar jamaah bisa menggunakannya sebagai tempat untuk shalat Jumat. Namun, langkah jamaah mendapt reaksi keras dari warga lain.

*sumber : vivanews.com

Sodetan Cisadane Batal

Tangerang, SUARA PEMBANGUNAN.
Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo setuju penanganan Sungai Cisadane dengan cara dinormalisasi dan bukan sodetan. Jokowi sapaan akrab mantan Wali Kota Solo itu mengakui setelah melakukan peninjauan lapangan dengan melihat kondisi Sungai Cisadane ia memahami keresahan masyarakat Tangerang terkait rencana sodetan itu.

Untuk itu, kata Jokowi, ia setuju jika Sungai Cisadane dinormalisasi bukan disodet. "Saya mau lihat ke lapangannya seperti apa, dan terlihat sekali kalau Cisadane tidak bisa disodet," katanya, Sabtu 25 Januari 2104.

Jokowi menegaskan akar permasalahan banjir Jakarta harus diselesaikan. Terkait dengan hasil pertemuan dengan Kepala Daerah di Banten Minggu kemarin, menurut Jokowi, normalisasi Cisadane akan didorong oleh Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Bupati Tangerang Zaki Iskandar, dan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, pada pertemuan di Kementerian Pekerjaan Umum, Senin hari ini.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan bahwa wacana penyodetan Ciliwung-Cisadane sudah selesai. "Soal sodetan sudah tuntas, Kami sudah tidak akan membicarakan lagi soal sodetan," katanya usai pertemuan di Bendung Pasar Baru Cisadane, Sabtu 25 Januari 2014.

Zaki juga tidak yakin jika dengan normalisasi dapat menjamin Tangerang dan Jakarta akan bebas dari banjir. Menurutnya, normalisasi sungai harus diikuti dengan pembuatan waduk, pemeliharaan situ situ secara komprehensif dan berkelanjutan.Jika semua itu berjalan dengan baik, menurut Zaki, masalah banjir akan tuntas. "Kalaupun ada banjir, paling hanya spot spot kecil saja," katanya.

*sumber : tempo.co.id

Banjir Susulan Di Manado

Manado, SUARA PEMBANGUNAN.

Wali Kota Manado Vicky Lumentut turun tangan langsung ke lapangan saat terjadi banjir susulan di wilayahnya. Dia sempat ikut mendorong mobil yang mogok dan mengatur lalu lintas.

Dari foto yang dikirim ketua KNPI Sulut Jakson Kumaat, tampak sang wali kota hujan-hujanan di kecamatan Tikala, kota Manado. Kejadian terekam pada Sabtu (25/1) malam.

Wali kota Vicky mengenakan jas hujan berwarna kuning saat mengatur lalu lintas. Di foto lain, dia memakai baju hitam dan mendorong mobil dengan satu tangan dibantu lima orang lainnya.

Menurut Vicky, Manado saat ini masih dalam status darurat banjir. Masih ada 9 kecamatan yang terdiri dari 56 kelurahan yang terendam air.

Hujan lebat yang mengguyur kota Manado membuat air sungai kembali meluap, pada Sabtu (25/1/2014) kemarin. Sejumlah titik di kota ini mulai kembali terendam air.

Terpantau lewat radio monitor Polresta Manado, sejumlah ruas jalan protokol di dalam kota telah tergenang. Sampah dan lumpur banjir bandang, telah menyumbat saluran dan got hingga air meluap ke jalan.

Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday25
mod_vvisit_counterYesterday148
mod_vvisit_counterThis week1202
mod_vvisit_counterLast week2465
mod_vvisit_counterThis month7363
mod_vvisit_counterLast month18477
mod_vvisit_counterAll days880573

We have: 7 guests online
Your IP: 54.82.116.210
 , 
Today: Nov 28, 2014